Beranda | Artikel
Bab Mengusap Kedua Khuf Saat Safar - Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Badrusalam, Lc.)
Rabu, 11 April 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Mengusap Kedua Khuf Saat Safar merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. dalam pembahasan Kitab Shahih Bukhari. Kajian ini disampaikan pada 25 Rajab 1439 H / 11 April 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Bab Berwudhu dengan Satu Mud – Kitab Shahih Bukhari 

Kajian Bab Mengusap Kedua Khuf Saat Safar – Kitab Shahih Bukhari

Hadits 202:

حَدَّثَنَا أَصْبَغُ بْنُ الفَرَجِ المِصْرِيُّ، عَنِ ابْنِ وَهْبٍ، قَالَ: حَدَّثَنِي عَمْرُو بْنُ الحَارِثِ، حَدَّثَنِي أَبُو النَّضْرِ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ، عَنْ سَعْدِ بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ عَنْ «النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ مَسَحَ عَلَى الخُفَّيْنِ» وَأَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ سَأَلَ عُمَرَ عَنْ ذَلِكَ فَقَالَ: نَعَمْ، إِذَا حَدَّثَكَ شَيْئًا سَعْدٌ، عَنِ النَّبِيّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَلاَ تَسْأَلْ عَنْهُ غَيْرَهُ. وَقَالَ مُوسَى بْنُ عُقْبَةَ: أَخْبَرَنِي أَبُو النَّضْرِ، أَنَّ أَبَا سَلَمَةَ، أَخْبَرَهُ أَنَّ سَعْدًا حَدَّثَهُ، فَقَالَ عُمَرُ لِعَبْدِ اللَّهِ: نَحْوَهُ

“…dari Abdullah bin Umar, dari Sa’ad bin Abi Waqqash, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi w sallam mengusap dua khuf…”

Faidah hadits di atas:

Hadits ini merupakan dalil bahwa apabila sifat-sifat yang mengharuskan untuk diterima, apabila berkumpul pada seorang perawi, maka itu indikasi-indikasi yang menguatkan khabar. Ini bisa mengalahkan beberapa periwayatan orang-orang yang sifatnya tidak seperti itu.

Hadits ini juga menunjukkan bahwa Umar bin Khattab menerima berita satu perawi. Buktinya disini Umar mengatakan kepada Abdullah bin Umar apabila Sa’ad menceritakan kepadamu hadits dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, terima dan tidak perlu ditanyakan kepada orang lain.

Faidah selanjutnya, bahwa ini menunjukkan Umar bin Khattab sangat menghormati Saad bin Abi Waqqash. Ini juga menunjukkan bahwa seorang sahabat yang lama persahabatannya dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam terkadang tersembunyi kepadanya perkara-perkara yang jelas dalam agama. Contohnya Abdullah bin Umar. Dia telah lama bersahabat dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ternyata tersembuyi dari beliau tentang masalah mengusap khuf. Sehingga ketika melihat Saad bin Abi Waqqash, Abdullah bin Umar segera mengingkarinya. Maka tidak syarat bahwa seorang alim harus menguasai seluruh ilmu. Pasti setiap ulama, ada perkara-perkara yang ia tidak ketahui. Hal ini tidak menjatuhkan sama sekali kredibilitasnya sebagai seorang ulama.

Simak Penjelasan Lengkap dan Download MP3 Ceramah Agama Mengusap Kedua Khuf Saat Safar – Kitab Shahih Bukhari


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/30748-bab-mengusap-kedua-khuf-saat-safar-kitab-shahih-bukhari-ustadz-badrusalam-lc/